Waktu Kecil Naik Kerbau

PICT0197Pulang kampung mengingatkan kembali kenangan waktu kecil dulu, waktu masih imut-imutnya. Di sekitar kampung dekat rumah ada sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi tapi lumayan banyak pepohonan dan rerumputan, antara kampung dan bukit itu dibatasi sungai yang deras airnya bila hujan. Aktivitas selain sekolah waktu di SD dan SMP adalah menggembala kerbau, di bukit kecil itulah saya menggembala kerbau. Di kampung saya dulu hampir setiap rumah memiliki kerbau yang digunakan untuk menarik bajak di sawah, selain buat tabungan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, kerbau bisa dijual.

PICT0196

PICT0194

Aktivitas menggembala kerbau adalah aktivitas rutin yang selalu dikerjakan setiap sore bersama teman-teman, pagi hari jika hari minggu. Kalau biasanya penggembala kerbau membawa seruling tapi saya kadangkala kalau mau ujian/ulangan biasanya membawa buku buat menghafal atau belajar, juga radio mono dual band untuk mendengarkan sandiwara radio favorit seperti Nini Pelet dsb.

Kerbau sambil makan rumput saya naik ke atasnya, dulu rasanya sulit sekali mau naik keatas kerbau karena perbandingan antara kerbau dan aku yang berbeda jauh ukuranya. Pernah ketika sedang asik-asiknya naik kerbau ada teman yang jail menggoda kerbau dari belakang, kerbaunya lari dan akhirnya saya jatuh pingsan. Biasanya setelah hari menjelang sore kerbau pulang tapi sebelumnya kerbau mandi/berendam di sungai tepi bukit. Rasanya senang melihat perut kerbau yang penuh kekenyangan.

PICT0169

PICT0170

0 Responses to Waktu Kecil Naik Kerbau

  1. adit says:

    gedean sing numpak…

Leave a Reply