PM Belanda : Film Fitna Menyakiti Perasaan

Film Fitna, film yang menghina umat Islam,film yang mempresentasikan Quran sebagai kitab fasis dan sumber kekerasan…. Orang yang merendahkan/menghina orang lain menunjukkan kerendahan/kehinaan drinya sendiri…

28/03/2008 05:31 WIB
Laporan dari Den Haag
PM Belanda: Film ‘Fitna’ Menyakiti Perasaan
Eddi Santosa – detikcom

Image

PM Balkenende: Menyesalkan film ‘Fitna’

Den Haag – Perdana Menteri (PM) Belanda Jan Pieter Balkenende menyatakan bahwa film Wilders, Fitna, menyakiti perasaan dan menyatakan kabinetnya menyesalkan penyiaran film tersebut.

Balkenende menyampaikan pernyataannya itu beberapa saat setelah film yang mempresentasikan Quran sebagai kitab fasis dan sumber kekerasan, Kamis malam atau Jumat (28/3/2008) dinihari WIB.

Ia menekankan bahwa ekstrimisme harus diberantas, sekaligus mengajak rakyat Belanda agar menghindari prasangka buruk.

Balkenende juga menampik bahwa langkah-langkah preventif yang diambil pemerintahannya –menjelang penyiaran film itu– terlalu berlebihan. Ia mengatakan bahwa langkah-langkah tersebut sudah tepat dengan mengantisipasi segala sesuatunya secara serius.

Tokoh Partai Kristen Demokrat yang memimpin kabinet keempat kali (Kabinet Balkenende IV) itu belum bisa mengemukakan bagaimana reaksi negara-negara Islam saat ini atas penyiaran film tersebut.

Sebelumnya sejak awal Maret lalu pemerintah Belanda gencar melakukan ofensif diplomatik ke negara-negara Islam dan berpenduduk mayoritas Islam untuk meminimalisir risiko akibat film Wilders tersebut.
( es / es )

Berita Islam dilecehkan melalui Film

Leave a Reply