Negatif, Hasil Uji Sampling 38 Produk Susu

dari Koran SINDO edisi Minggu 16 Maret 2008,

Badan Pengawas Obat dan Makanan telah melakukan uji sampling terhadap 38 dari 96 produk susu formula yang beredar di Jakarta. Hasilnyatidak ditemukan cemaran bakteri Emterobacter sakazakii atau bakteri patogen lainnya dalam kandungan susu tersebut.

“Hasilnya negatif. Tetapi itu baru 38 dari 96 produk susu formula yang kita uji laboratorium,” kata Kepala BPOM Husniah Rubiana T Akib saat menghadiri  bedah buku “Saatnya Dunia Berubah, Tangan Tuhan di balik Virus Flu Burung / ‘Its time the World to Change”  tulisan Menkes Siti Fadillah Supari diPlaza senayan, Jakarta.

Menurut Husnia, memang menbutuhkan waktu lama untuk melakukan uji laboratorium terhadap 96 produk susu tersebut. “prosesnya memang lam. sekitar dua minggu sampai satu bulan, baru ketahuan” tuturnya.

Dia mengatakan, sebenarnya uji sampling ini hanya untuk menenangkan masyarakat yang terlanjur resah lantaran hasil penelitian IPB menemukan susu formula yang tercemar bakteri.

“Ini untuk menenangkan masyarakat saja. Padahal regular inspection kita sudah umumkan secara berkala. tetapi tidak ada yang percaya dengan itu.Hasilnya semua negatif kok”, tegasnya.

Husniah berjanji  apabila uji sampling tersebut telah selesai, masyarakat akan diinformasikan mengenai hasil pengujian tersebut. (Rendra Hanggara)

0 Responses to Negatif, Hasil Uji Sampling 38 Produk Susu

  1. wiriajaya says:

    Kalau benar hasil uji sampling 38 produk susu (sebagai sampel) dari 96 produk susu yang beredar tidak ditemukan satupun yang tercemar, artinya hampir 40% susu yang diperiksa itu aman-aman saja. Maka keboleh jadiannya untuk produk lain yang belum diuji, diperkirakan masih tetap aman. Semoga!?

Leave a Reply